Menu Idul Fitri aman untuk asam lambung

Menu Idul Fitri aman untuk asam lambung

Menu Idul Fitri identik dengan santan, pedas, asam dan lemak. Makanan berlibur terlihat lezat. Namun, ketiga jenis makanan itu tabu bagi mereka yang menderita bisul.

Makanan kelapa dan lemak lebih sulit dicerna sehingga saluran pencernaan bekerja lebih keras dari biasanya. Akibatnya, ini bisa merangsang sel-sel perut untuk menghasilkan lebih banyak asam lambung.

Menu Idul Fitri aman untuk asam lambung

Alih-alih ingin makan dengan baik, Anda justru mengalami gejala sakit maag yang lebih parah karena lemak dan santan. Selain itu, makanan pedas dan asam juga merupakan makanan yang harus dihindari karena dapat meningkatkan asam lambung dan menyebabkan sakit perut. Jadi, apa saja menu lebaran yang aman untuk asam lambung?

1. Ayam rebus

Rebusan ayam bisa menjadi menu yang aman untuk Lebaran untuk perut Anda. Semur ayam memiliki rasa manis dan gurih. Ayam mengandung lebih sedikit lemak daripada daging sapi. Jadi orang yang menderita bisul diperbolehkan makan ayam sampai mereka memiliki kulit.

Kulit ayam mengandung banyak lemak yang membuat pencernaan menjadi sulit. Ayam adalah sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan juga B1. Tapi jangan lupa, hindari menggunakan lada dalam semur ayam agar tidak mengiritasi lambung.
2. Sup sayur

Siapa bilang Lebaran harus selalu makan santan dan sayuran? Ketika Lebaran tiba, Anda bisa menyiapkan sup sayur sebagai referensi untuk makanan lezat dan sehat. Sup sayuran dibuat dengan berbagai campuran sayuran seperti kentang, wortel, kacang, seledri, dan tomat.

Anda juga bisa menambahkan ayam cincang dan irisan. Berbagai sayuran ini mengandung vitamin, mineral, dan serat yang dapat menyehatkan tubuh dan sistem pencernaan. Selain tidak menyulitkan, kombinasi sayuran ini juga dapat membantu mencegah sembelit yang biasanya terjadi ketika usus terganggu.
3. Saus kakap kuning

Anda bisa menjadikan kakap kuning sebagai pengganti ayam, yang biasanya merupakan makanan wajib di menu lebaran. Dibandingkan dengan oppr yang mengandung banyak santan, kakap kuning memiliki berbagai manfaat kesehatan yang berasal dari ikan dan rempah-rempah yang digunakan. Anda dapat menggunakan kakap merah karena mengandung berbagai protein, mineral dan vitamin dan bahkan asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 memiliki segudang manfaat termasuk berkurangnya akumulasi lemak di hati, pencegahan demensia dan berkurangnya peradangan sel yang dapat menyebabkan kanker jantung.

Selain ikan, Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari rempah-rempah yang digunakan. Kunyit yang digunakan sebagai salah satu bumbu utama di dapur ini juga mengandung sejumlah manfaat kesehatan. Manfaat kunyit termasuk antioksidan, antiinflamasi dan memperlambat penuaan.
4. Sup jagung

Sup jagung bisa menjadi camilan sehat untuk lebaran. Saat Anda malas mengonsumsi makanan berat, Anda bisa menyajikan makanan ini. Jagung mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh seperti folat, vitamin B6, niasin, kalium dan vitamin B5.

Tidak hanya itu, antioksidan dalam jagung bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Selain jagung, Anda bisa menambahkan ayam atau jamur parut yang bisa menambah nutrisi dan kelezatan.
5. Rolade tahu ini
Sumber: Berry Kitchen

Jika rolade biasanya berupa daging sapi dan ayam, maka Lebaran dapat membuat tahu rolade kali ini. Tahu adalah sumber protein nabati yang sehat untuk bisul lambung yang mengandung isoflavon. Isoflavon diketahui memiliki manfaat untuk mencegah penyakit tulang dan mengurangi kolesterol jahat (LDL).

Karena itulah, membuat tahu sebagai menu lebaran bisa menjadi ide menarik yang tentu saja menyehatkan. Nah, untuk menjaga nutrisi, tahu rolade digoreng dengan minyak sehat seperti minyak zaitun. Cara lain yang lebih sehat adalah memasaknya dalam wajan. Untuk penampilan yang lebih menarik dan nutrisi yang lebih baik, dimungkinkan untuk menambahkan serat ke dalam campuran berbagai jenis sayuran seperti bayam, wortel, dan bahkan labu.

Nah, bagi Anda yang menderita sakit maag, jangan khawatir lagi. Anda masih bisa makan sehat dan enak selama liburan. Kuncinya adalah membuat berbagai bahan makanan yang ada sambil tetap berpegang pada pembatasan diet untuk tukak lambung. Berbagai pilihan makanan untuk maag ini bisa menjadi referensi menarik untuk mencoba Idul Fitri nanti.

Baca juga: