Khasiat Dan Manfaat Ikan Laut Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Dan Manfaat Ikan Laut Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Dan Manfaat Ikan Laut Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan omega-3 diketahui bermanfaat untuk perkembangan otak dan pemeliharaan kesehatan jantung. Jelas, makan makanan laut secara teratur juga memiliki manfaat lain.

Ikan laut sudah sangat populer dengan nutrisi penting seperti protein, vitamin D dan sumber omega-3 terbaik. Bahan-bahan ini sangat penting bagi tubuh dan otak. Beberapa ikan memiliki nutrisi omega-3 yang lebih tinggi daripada ikan lainnya, salmon dan tuna.

Apa Saja Manfaat Ikan Untuk Kesehatan?

Khasiat Dan Manfaat Ikan Laut Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Dan Manfaat Ikan Laut Bagi Kesehatan Tubuh

Mengurangi risiko serangan jantung dan stroke
Serangan jantung dan stroke adalah penyebab utama kematian di dunia. Dalam penelitian tersebut, ia mengatakan bahwa makan 1 porsi ikan atau lebih dalam seminggu memiliki risiko 15% lebih rendah terkena penyakit jantung. Ini diyakini karena memiliki kandungan omega-3 yang tinggi.

Studi lain menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 mengurangi risiko detak jantung yang tidak teratur, yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

Asam lemak omega-3 juga dapat menurunkan kadar trigliserida dan tingkat pertumbuhan plak (atheroclerosis 0 dan menurunkan tekanan darah).

Mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan
Asam lemak omega-3, yang biasa disebut asam docosahexaenoic (DHA), sangat penting untuk perkembangan otak dan mata.

Namun, karena ikan laut mengandung banyak merkuri, wanita hamil harus membatasi konsumsi ikan hingga 340 gram per minggu. Wanita hamil juga harus menghindari ikan mentah, karena ini dapat mengandung mikroorganisme yang merusak janin.

Ini mencegah penurunan fungsi otak karena penuaan
Fungsi otak bisa berkurang seiring bertambahnya usia. Menurut penelitian tersebut, seseorang yang mengkonsumsi lebih banyak ikan laut mengalami penurunan fungsi otak yang lebih lambat.

Mengurangi risiko penyakit autoimun, termasuk diabetes tipe 1
Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat. Contohnya seperti diabetes tipe 1, di mana sistem kekebalan menyerang pankreas.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa makan asam lemak omega-3 atau minyak ikan dapat menurunkan risiko diabetes tipe 1 pada anak-anak dan orang dewasa.

Berikan penglihatan sehat pada lansia
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan omega-3 pada ikan dapat menjaga kesehatan mata. Dalam satu penelitian, makan ikan secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit mata hingga 42%.

Tingkatkan kualitas tidur
Dalam sebuah penelitian terhadap 95 pria paruh baya yang mengonsumsi salmon tiga kali seminggu, kualitas tidur meningkat. Para peneliti menyimpulkan bahwa ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin D salmon.

Baca Juga :