Jeruk – Kandungan dan Manfaat Buah Jeruk

Jeruk – Kandungan dan Manfaat Buah Jeruk

Kandungan Buah Jeruk

Sebelum memaparkan manfaat buah jeruk, perlu Anda pahami komposisinya. Jeruk sedang (sekitar 154 gram) mengandung 80 kalori panas, 0 gram minyak, 250 miligram kalium, 19 gram karbohidrat (14 gram gula dan 3 gram serat) dan 1 gram protein.

Jeruk menyediakan 130% kebutuhan harian vitamin C, 2% vitamin A, dan 6% kalsium. Selain itu, jeruk mengandung tiamin, riboflavin, niasin, Vitamin B6, fosfat, asam pantotenat, fosfor, magnesium, mangan, selenium, tembaga, kolin, xantin dan karotenoid.

Jeruk juga merupakan sumber vitamin B yang baik, yaitu tiamin (B1) dan folat (asam folat atau B9). Tiamin memainkan peran penting dalam pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi sel individu di dalam tubuh. Zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah, pertumbuhan dan fungsi sel.

Selain penuh dengan air, daging buah dan kulit jeruknya yang berwarna mengandung lebih dari 170 fitokimia dan 60 flavonoid, keduanya berfungsi sebagai antioksidan alami dan mengandung bahan kimia anti kanker.

Manfaat kesehatan buah jeruk

Jeruk rendah kalori, air, serat tinggi dan vitamin C tinggi, dan dapat digunakan sebagai bagian dari makanan harian yang sehat. Manfaat kesehatan buah jeruk:

jeruk 4

1. Mengurangi resiko kanker

Gejala flavonoid pada jeruk antara lain hepertin dan naringen yang memiliki efek baik pada kanker. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa jus jeruk mengurangi risiko terkena kanker darah, kanker payudara, hati, dan kanker usus besar. Beberapa manfaat ini karena kandungan vitamin C yang tinggi, sifat antioksidannya, dan sifat antioksidan dan antibodi.

2. Pencegahan batu ginjal

Ketentuan jalan selanjutnya adalah mencegah pembusukan batu ginjal. Jeruk mengandung asam dan sitrat, dan keduanya menghambat batu ginjal. Kalium sitrat dapat diresepkan untuk pasien dengan batu ginjal untuk memperbaiki kondisinya, tetapi buah jeruk memiliki efek yang serupa.

3. Mencegah penuaan kulit

Sifat anti-inflamasi dan antioksidan jeruk mencegah penuaan dengan melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan banyak penyakit degeneratif dan penuaan kulit. Buah jeruk bisa bermanfaat karena vitamin C dalam jeruk membantu membentuk corak, menjadikan kulit lebih lentur dan lentur.

4. Bantuan penurunan berat badan

Pemakaian buah jeruk ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Jeruk dianggap membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi perasaan stres oksidatif, menurunkan lemak darah dan glukosa darah, serta menjaga kesehatan hati.

Satu studi menemukan bahwa sejumlah jus jeruk dikaitkan dengan nutrisi yang cukup dan tingkat nutrisi yang baik.

5. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian dini paling umum di dunia. Flavonoid pada jeruk – terutama herpes – dapat berperan penting dalam pencegahan penyakit jantung. Studi medis pada manusia telah menunjukkan bahwa minum jus jeruk selama 4 minggu menurunkan tekanan darah dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, serat jeruk juga berperan. Mengonsumsi ekstrak buah jeruk telah terbukti menurunkan kadar kolesterol darah.

6. Pencegahan anemia

Manfaat langka buah jeruk adalah kemampuannya untuk mencegah anemia. Anemia adalah penyakit yang ditandai dengan rendahnya jumlah sel darah merah atau hemoglobin. Kondisi ini seringkali disebabkan oleh penggunaan zat besi.

Meskipun jeruk bukan sumber yang kaya zat besi, namun merupakan sumber nutrisi yang sangat baik seperti vitamin C (asam askorbat) dan asam sitrat. Vitamin C dan asam sitrat meningkatkan penyerapan zat besi di saluran pencernaan. Saat Anda mengonsumsi makanan kaya zat besi, jeruk mencegah anemia.

7. Pemukulan

Menurut American Heart Association (AHA), buah jeruk yang berlebihan dapat menurunkan risiko stroke pada wanita. Orang yang makan banyak buah jeruk 19% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami stroke dibandingkan wanita yang makan lebih sedikit jeruk.

8. Menurunkan tekanan darah

Asupan natrium yang rendah penting untuk menurunkan tekanan darah, tetapi meningkatkan kandungan kalium mungkin lebih penting karena efek vasodilatasi. Perlu dicatat bahwa diet tinggi kalium dikaitkan dengan penurunan 20% risiko kematian dari semua penyebab.

9. Mencegah kerusakan kulit

Manfaat kulit wajah berwarna orange membantu memerangi kerusakan akibat sinar matahari dan kerusakan kulit akibat kotoran. Selain itu, buah jeruk mengurangi kerutan dan memperbaiki tekstur kulit. Manfaat lain memungkinkan vitamin C dalam jeruk berperan penting dalam pembentukan kolagen.

10. Tingkatkan keamanan

The American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa jus jeruk merupakan sumber vitamin C tertinggi. Setelah diminum, jus jeruk mengandung lebih dari 200% vitamin C di dalam tubuh. Vitamin C, juga disebut asam askorbat, memainkan peran kunci dalam tubuh dan membantu menghilangkan atau mengurangi radikal bebas.

Selain itu, asam askorbat merupakan salah satu penyusun utama kolagen, yang penting untuk regenerasi sel dan pertumbuhan jaringan baru di dalam tubuh.

11. Menjaga kesehatan mata

Jus jeruk tidak hanya kaya vitamin C tapi juga kaya vitamin A. Vitamin A memang sangat berhubungan dengan kesehatan mata. Memasukkan vitamin A ke dalam makanan harian Anda membantu mencegah penglihatan malam dan degenerasi makula.

12. Batas resistensi insulin

Produk gula dan lemak yang tinggi dapat menyebabkan peradangan di seluruh tubuh. Jika peradangan tidak ditangani, hal itu meningkatkan resistensi insulin, penyebab utama diabetes tipe 2 dan aterosklerosis.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Medicine menemukan bahwa jus jeruk dapat menekan resistensi insulin dengan mengurangi peradangan. Selain mencegah diabetes, buah jeruk juga menjaga kesehatan jantung.

Ya itu mengungkapkan semua bahan dan hasil jeruk. Meskipun jeruk selalu menjadi buah yang aman untuk dikonsumsi semua orang, namun jika seseorang lemah dalam hal jeruk, hal tersebut dapat menyebabkan ruam kulit. Oleh karena itu, seseorang yang peka terhadap jeruk harus memperhatikan segala sesuatu yang berhubungan dengan buah ini.