4 Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak Meski Sakit Pinggang

4 Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak Meski Sakit Pinggang

Nyeri punggung bawah sangat menyiksa. Selain itu, gejala yang sering memburuk di malam hari membuat sulit tidur. Jangan putus asa, Anda masih bisa beristirahat dengan nyaman jika sakit punggung. Berikut tipsnya

Nyeri punggung bawah atau sering disebut nyeri punggung bawah adalah sakit yang sangat akut tepat di atas bokong. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh stres karena postur yang buruk, menstruasi dan berbagai kebiasaan gaya hidup yang buruk. Untuk dapat beristirahat selama sakit punggung, Anda dapat melakukan hal-hal berikut, seperti:

4 Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak Meski Sakit Pinggang

1. Sesuaikan posisi istirahat
Bagi orang sehat, tidur dalam berbagai posisi tidak akan menjadi masalah. Namun, ceritanya berbeda pada orang yang mengalami kesakitan dalam hidup, terutama di bagian belakang. Cara yang efektif untuk menghilangkan rasa sakit ini dengan memastikan bahwa tekanan yang diterapkan ke bagian belakang tubuh terdistribusi secara merata.

Untuk ini, perlu untuk mempertahankan lekukan alami tulang belakang ketika berbaring di kasur. Pastikan kepala, bahu, pinggul, hingga bokong Anda rata. Biasanya berbaring telentang adalah posisi tidur terbaik bagi mereka yang menderita sakit punggung.

Berikut ini beberapa posisi tidur yang bisa Anda coba jika terjadi sakit punggung, yaitu:

Posisikan diri Anda di belakang dengan bantal untuk menopang lutut.
Posisi berbaring terlentang.
Posisi lateral dengan bantal atau bantal di antara lutut.
Posisinya meringkuk seperti janin.

Temukan posisi paling nyaman untuk Anda. Namun, jika Anda terbiasa tidur tengkurap, Anda bisa meletakkan bantal tipis di bawah perut dan pinggul sehingga tulang belakang Anda tetap dalam posisi sejajar.

2. Memilih bantal yang tepat
Bantal membantu menjaga postur alami leher dan membantu menopang tulang belakang. Untuk ini, Anda harus memilih bantal yang tepat dan nyaman untuk tidur. Jangan menggunakan bantal yang terlalu tinggi atau keras karena dapat membuat leher dan pinggang Anda lebih sakit.

Ketika Anda merasa lebih nyaman tidur telentang, Anda harus menggunakan bantal tipis. Alasannya adalah bahwa mengangkat kepala terlalu banyak dapat membuat leher dan punggung Anda tegang. Namun, jika Anda merasa lebih nyaman tidur miring, gunakan bantal yang lebih tebal.

Letakkan bantal di bawah kepala dan leher Anda, bukan di bahu Anda. Selanjutnya, bantal harus diganti setiap 12-18 bulan sehingga masih dapat memberikan dukungan maksimal.

3. Pilih kasur yang tepat dan ganti secara teratur
Meskipun tampak sepele, kasur memainkan peran penting dalam menentukan kenyamanan tidur. Dikutip oleh Healthline, dokter biasanya merekomendasikan kasur ortopedi untuk orang yang menderita sakit punggung atau lumbar. Terutama jika Anda menderita sakit punggung yang berkepanjangan.

Anda juga dapat memilih kasur yang dibuat dengan busa berkualitas baik. Usahakan untuk tidak menggunakan kasur yang terlalu lunak untuk Anda tenggelam terlalu dalam. Ini sebenarnya dapat menyebabkan ketidaksejajaran pada sendi dan tulang belakang dan memperburuk rasa sakit.

Setelah menemukan kasur yang tepat, kami juga menyarankan untuk menggantinya setiap 10 tahun. Karena kasur terlalu lama akan mengalami kerusakan di musim semi. Akibatnya, kasur tidak bisa lagi menopang tubuh dalam antrean saat tidur.

4. Terapkan kebiasaan tidur yang tepat
Karena sakit punggung dapat mengganggu tidur, begadang tidak dianjurkan. Sebagai gantinya, cobalah membuat program tidur yang konsisten setiap malam. Misalnya, Anda sering kesulitan tidur; lalu berbaring lebih awal dari biasanya.

Dengan cara ini, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk tertidur dan masih dapat tidur cukup tanpa harus bangun.

Selain itu, Anda juga harus menghindari berbagai kebiasaan seperti:

Minumlah kafein di sore atau malam hari.
Berolah raga sebelum tidur.
Reproduksi gadget (gadget) sambil menunggu tidur.

Alih-alih, yang perlu dilakukan adalah bersantai dengan membaca buku, mandi air panas, mendengarkan musik atau membuat pukulan yang manis. Anda dapat menciptakan suasana santai dengan meredupkan lampu ruangan tanpa menyalakan perangkat.

Baca Juga :